PROFIL Desa Jatisari

  • Jul 24, 2018
  • jatisari

Jatisari adalah Desa di kecamatan JakenanPatiJawa TengahIndonesia. Terdiri atas 2 pedukuhan yaitu:

  • Sentul (sebelah timur)
  • Karang jati (sebelah barat)
Desa Jatisari Memiliki 10 RT dan 2 RW yaitu :
  • 6 RT di RW.01 ( Sentul )
  • 4 RT di RW.02 ( Karang Jati )

Geografi

Desa Jatisari berbatasan dengan: Di sisi barat daya dibatasi oleh Kali Glonggong yang merupakan anak sungai dari Sungai Juwana. Dari arah utara dibelah oleh jalan raya Jakenan-Pucakwangi yang juga merupakan jalan alternatif menuju Blora melalui Todanan Desa Jatisari berjarak + 3 km ke arah selatan dari pusat kota kecamatan. Dan + 24 km ke arah timur dari kota Pati.

Perekonomian

Sebagian besar penduduk desa Jatisari menggantungkan hidup dari usaha pertanian. Namun tidak sedikit pula yang memilih untuk merantau maupun menjadi buruh di berbagai industri di Pati maupun Juwana.

Pendidikan

Desa Jatisari hanya mempunyai 1 Sekolah Dasar yaitu Sekolah Dasar Negeri Jatisari disamping beberapa lembaga pendidikan non formal seperti; TK dan TPQ.

Kampung Singget

Singget bagi masyarakat Jatisari adalah suatu tempat yang mempunyai aura mistic yang sangat kuat. Kalau dilihat dari jauh tampak sepeti daerah perkampungan atau pedukuhan. Tapi sebenarnya daerah ini kosong tanpa penghuni. Banyak sekali kejadian-kejadian aneh dan tidak masuk akal terjadi di daerah yang bernama Singget ini. Hal itu merupakan hal yang biasa bagi masyarakat Jatisari karena sudah terjadi sejak lama. Kebanyakan yang mengalaminya adalah orang dari luar daerah yang tidak mengetahui keadaan Singget yang sebenarnya. Menurut sejarah pada masa kolonial ada penduduk yang pernah bermukim di daerah ini. Tapi karena banyak sekali gangguan-ganguan mistic membuat penduduk tidak betah. Akibatnya banyak mereka berpindah tempat satu persatu dan akhirnya daerah itu kosong hingga sekarang. Sampai sekarang ini juga tidak ada satupun warga Jatisari yang berani menempati kampung Singget ini.